Ilustrasi Pengecekan Oli |
Momen Spesial Bisa Terwujud Kalau Kamu Pintar Ganti Oli sepeda motor loh sahabat automotif oli merupakan komponen penting agar komponen di dalam mesin dapat bekerja sebagaimana mestinya dengan suhu ideal. Masalah yang sering dihadapi adalah oli yang tiba-tiba cepat habis padahal perasaan sahabat automotif baru mengisinya. Normalnya, jika oli habis maka akan berpengaruh pada performa kendaraan sahabat automotif.
Ada 5 hal yang menyebabkan permasalahan ini terjadi, seperti dikatakan Honda Cengkareng.
1. Seal Oli Bocor
Kebocoran pada seal oli bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas dan umur dari seal oli itu sendiri sahabat automotif. Hal ini akan menyebabkan oil up, yang mana oli meluber lewat lubang pernafasan ke filter udara dan ruang karburator. Oli yang terbakar di ruang pembakaran akan membuat knalpot mengeluarkan asap putih. Solusinya yang harus sahabat automotif lakukan adalah, pemasangan seal oli harus benar dan tepat. Sebelum dipasang pastikan seal oli tidak penyok karena dapat merubah diameter seal oli. Pastikan jumlah oli yang dimasukkan sesuai dengan takaran yang ditentukan. Hal ini juga berlaku untuk penggantian oli mesin, oli shockbreaker serta transmisi.
2. Oli Jarang Diganti
Oli yang sering dipakai akan berkurang karena penguapan. Di saat oli berada di bawah batas minimal, maka oli tidak dapat melindungi bagian-bagian mesin dengan maksimal dan dapat menyebabkan kerusakan yang cepat dan fatal pada komponen dalam sepeda motor sahabat automotif. Sebaiknya, oli diganti setiap 2.000 - 3.000 km permakaian ya.
3. Kekentalan Oli atau SAE yang Tidak Sesuai dengan Spesifikasi Mesin
Bila menggunakan oli yang lebih kental dari yang direkomendasikan, maka sepeda motor akan terasa lebih berat. Sebaliknya, jika oli lebih encer dari yang direkomendasikan, maka sepeda motor akan terasa lebih ringan. Sebaiknya gunakan oli sesuai dengan spesifikasi sepeda motor atau standar dari pabrikan ya sahabat automotif. Ada baiknya juga sahabat automotif untuk melihat buku pedoman dulu untuk mengetahui jenis oli yang dibutuhkan oleh mesin sepeda motor sahabat automotif.
4. Piston dan Ring Piston Aus
Komponen ini terletak di dalam mesin dan bisa mengalami kerusakan seperti tergores, aus, dan kotor. Kerapatan ring piston berfungsi untuk mencegah terlalu banyaknya campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli. Bila ring piston aus, maka akan mengendur dan udara yang masuk ke ruang oli bisa menurunkan tekanan kompresi mesin. Sehingga menyebabkan sepeda motor mengeluarkan asap yang cukup banyak. Jika rusak, maka solusi yang dapat dilakukan adalah overhaul.
5. Pemakaian Motor yang Tidak Normal
Mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan, kebut-kebutan, penggunaan throttle yang tak beraturan, dan stop & go juga bisa membuat oli menguap dan berkurang sahabat automotif.
Jadi Hindarilah 5 Hal diatas ya sahabat automotif agar mesin sepeda motor kita awet dan tahan lama
Comments