![]() |
Ilustrasi bak belok sebela kanan |
Punya tunggangan yang sudah berumur, memang perlu perhatian lebih. Seperti yang terjadi pada Honda Karisma keluaran tahun 2004.
Gejala yang timbul ialah Suaramotor berisik, seperti suara setang seher yang sudah aus, dan koplingnya terasa slip. Padahal, gue sudah ganti setang seher beserta pistonnya. Namun, suara itu tetap muncul.
Setelah mencari penyebab lebih detail, ternyata suara tersebut berasal dari mangkok kopling ganda-nya yang termakan.
Sudah diganti kampas dan mangkok kopling tetapi yang KW, ternyata tidak mempan. Sebab, tidak lama kemudian suara itu muncul kembali. Sedangkan, untuk part yang original Honda butuh merogoh kocek lebih agak lebih dalam.
Untuk mengatasinya ini ada tips sedikit sahabat automotif. Kita coba meratakan permukaan mangkok kopling gandanya pakai bor tuner. Ditunernya tipis saja, hanya meratakan bagian yang tidak rata.
Namun, setelah itu, kampas koplingnya harus diganti dengan yang baru lagi, yang masih tebal. Efektarikan awalnya jadi lebih enteng,
Silakan coba tips hilangkan suara berisik di mesin sepeda motor lama ini sahabat automotif.
Comments