CARA CEK KAMPAS KOPLING YANG SUDA TIDAK LAYAK PADA SEPEDA MOTOR


PERHATIKAN KAMPAS KOPLING ANDA

Salah satu komponen sepeda motor yang perlu rutin dicek adalah kampas kopling. Dalam kondisi normal, seper part ini akan aus ketika sudah menempuh jarak hingga 20.000 km.
Jika telat mengganti kampas kopling, kerusakan akan merembet ke rumah kopling atau tutup kopling. Berikut 6 ciri kondisi kampas kopling wajib diganti:

1. Akselerasi mesin lemah

Kampas kopling yang sudah aus bisa diketahui dari menurunnya daya akselerasi dan power motor. Misal, kecepatan motor normalnya mencapai 100 kpj hanya butuh waktu sekitar 10 detik namun jika kampas kopling mulai aus butuh 25 detik bahkan lebih.

2. Selip kopling

Selip kopling juga sering terjadi saat kampas kopling sudah aus. Tapi gejala ini bisa juga disebabkan oleh oli mesin yang sudah harus diganti (lama).

3. Putaran mesin tinggi

Akselerasi yang lemah membuat putaran mesin menjadi tinggi. Hal ini disebabkan kampas kopling yang menjadi licin. Jika itu terjadi, dapat diketahui dari perputaran mesin yang tinggi tapi kecepatan motor standar.

4. Kick starter ngelos

Kick starter atau engkol ngelos saat menghidupkan mesin bisa disebabkan kondisi kampas kopling yang sudah wajib diganti. Kick starter ngelos sudah pasti membuat motor sulit untuk dihidupkan apa lagi jika starter elektriknya bermasalah atau belum ada.

5. Mesin meraung saat perpindahan gigi

Kampas koplingaus akan membuat mesin meraung alias tidak bertenaga saat perpindahan gigi. Motor pun juga menjadi tidak bertenaga.

6. Power berkurang

Mendeteksi kampas koplingaus juga bisa dideteksi dari power mesin motor yang mulai menurun. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah hidupkan motor, lalu masukan gigi 3-4 dan langsung gas secara spontan. Jika saat digas tidak ada respon alias lemot, bisa dipastikan kampas kopling minta diganti.

Comments